Siapa Bilang Jadi Backpacker Susah dan Ribet? Ini Nih 10 Tips Bagi Para Pemula!

0
96

HMC Lovers, Siapa sih yang nggak suka jalan-jalan dan mengunjungi beragam tempat wisata yang indah di Indonesia? Selain bisa menikmati pemandangan dan fasilitas yang ada, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru serta mengambil pelajaran dari situ. Biasanya banyak orang yang memanfaatkan hari libur entah itu weekend, weekday, atau bahkan liburan panjang untuk travelling. Nah, kalau sebelumnya selalu berlibur dengan menggunakan fasilitas yang serba nyaman, pernahkah kamu kepikiran untuk menjadi backpacker?

Cara yang satu ini sekarang sedang hits sekali lho di dunia, terutama untuk kalangan anak muda. Backpacker sendiri bisa dibilang jalan-jalan murah karena inti dari kegiatan tersebut adalah menikmati perjalanan bukannya menikmati fasilitas.

Apa Asyiknya Jadi Backpacker

Bagi kamu yang belum pernah sama sekali melakukan perjalanan ala backpacker mungkin akan berfikir jika cara ini merepotkan. Kamu akan menggendonng sebuah tas ransel besar, berjalan kesana kemari, naik angkutan umum, melakukan segala sesuatunya sendiri, tidur dan makan di tempat yang relatif sederhana dan masih banyak lagi.

Pastinya susah dong ya ketika harus berkelana di daerah baru, negeri antah berantah dimana kamu merasa seperti orang asing.

Ditambah lagi kalau kamu mengalami masalah seperti tersesat, kesulitan menemukan hotel, tidak ada warung makan, kehabisan uang tunai, dan sebagainya. Meskipun begitu, itulah resiko yang harus dilalui oleh para backpacker.

Hal ini dikarenakan kamu nggak akan mendapatkan fasilitas lengkap atau bahkan super mewah seperti ketika berlibur bersama papa dan mama. Ada hotel, breakfast gratis, tidur di kasur empuk, ruangan ber AC, diantar pakai bis, didampingi tour guide dan semuanya serba nyaman.

Lalu, apa sih yang seru dan asyik dari menjadi seorang backpacker?

Hal pertama yang wajib kamu garis besar adalah bisa melakukan jalan-jalan murah dengan budget minim. Kamu hanya mengandalkan apa yang ada saja seperti naik angkutan umum, makan di warteg, lebih banyak jalan kaki, dan sebagainya.

Intinya adalah kamu berusaha untuk menghemat uang saku selama perjalanan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan petualangan yang menyenangkan dimana kamu bisa menikmati perjalanan sambil melihat pemandangan di sekitar. Menjadi backpacker juga akan membuatmu lebih mandiri, lebih bisa bersosialisasi dengan orang lain. Buktinya, ketika tersesat maka kamu hanya bisa mengandalkan Google Maps dan bertanya pada masyarakat sekitar. Kegiatan ini juga memberikan kamu tantangan sekaligus pelajaran hidup yang tak terlupakan.

Tips Bagi Backpacker Pemula

Untuk menjadi seorang backpacker maka kamu nggak memerlukan kemampuan ataupun latihan khusus.Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja karena kamu hanya perlu melakukan perjalanan dan petualangan ke suatu tempat saja. Karena di sini kamu nggak terlalu bergantung pada fasilitas dan berusaha untuk menghemat budget, maka ada beberapa hal penting yang wajib diketahui. Di bawah ini ada 10 tips untuk melakukan perjalanan dan menjadi backpacker pemula.

1.Siapkan Mental

Mental merupakan hal pertama yang harus kamu siapkan! Menjadi backpacker harus siap dengan apapun kondisi dan tantangan yang datangnya tiba-tiba. Kamu dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri, pintar bersosialisasi, aktif, dan juga kreatif. Jangan kaget jika kamu kesulitan menemukan tempat tujuan wisata, tersesat di suatu daerah, kehabisan bahan makanan, ataupun nggak menemukan angkutan umum.

2.Perencanaan Matang

Karena kamu sebisa mungkin menghemat uang saku maka rencanakanlah kegiatan liburan dengan matang. Mulai dari tempat-tempat tujuan, modal uang, pakaian, tujuan menginap, akomodasi, bekal makanan, dan sebagainya. Jangan sampai kamu kebingungan ingin melakukan aktivitas apa ketika sedang di perjalanan.

3.Hindari Musim Liburan

Kenapa? Hal ini karena akan ada banyak sekali wisatawan atau pengunjung tempat wisata yang ingin kamu tuju. Akibatnya, jalanan akan ramai, macet, tempat wisata jadi penuh sehingga kamu gagal untuk menikmati indahnya pemandangan di sana. Tak hanya itu saja lhoh, biaya transportasi dan tiket masuk suatu tempat wisata juga menjadi lebih mahal. Tentu saja itu akan semakin menghabiskan budget liburan backpacker kamu.

4.Bawa Air dan Camilan

Karena intinya ingin berhemat maka kamu jangan sering jajan di perjalanan ya. Sebaiknya bawalah camilan kecil yang mengenyangkan dari rumah seperti roti, kacang, buah apel, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk membawa persediaan air putih yang cukup karena jalan kaki sering membuatmu haus.

5.Isi Paket Data Internetmu!

Ketika melakukan petualangan maka jangan sampai kamu kehabisan paket data internet. Kamu harus senantiasa terhubung ke internet agar memudahkanmu untuk mengatasi masalah seperti tersesat, ingin mencari tempat makan, penginapan murah, dll.

6.Bawa Ransel, Jangan Koper

Namanya saja backpacker, sudah pasti kamu hanya membawa berbagai barang pribadi seadanya dan secukupnya saja. Gunakan ransel yang cukup besar untuk membawa barang-barang penting kamu. Tinggalkan yang nggak perlu di rumah dan bawalah beberapa pakaian saja. Tas yang terlalu besar atau koper justru akan menyulitkanmu ketika melakukan perjalanan.

7.Pakai Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Karena nantinya kamu akan lebih sering berjalan kaki maka gunakanlah pakaian yang santai, ringan dan mudah menyerap keringat. Jangan terlalu berlebihan seperti memakai pakaian mencolok, berbagai gaya, apalagi perhiasan. Selain itu, pakailah juga sepatu yang nyaman seperti cats, ataupun sepatu sport.

8.Siapkan Uang Tunai

Bagaimana bisa kamu menemukan mesin ATM dengan mudah saat jalan-jalan murah di daerah pegunungan atau dekat hutan? Usahakan kamu membawa uang tunai dan uang yang nominalnya kecil agar memudahkan kamu untuk melakukan pembayaran. Misalnya saja kamu ingin membayar uang toilet umum, penitipan barang, tiket masuk tempat wisata, dan sebagainya.


9.Bawa Perlengkapan P3K

Hal yang satu ini sangat simpel tapi sering sekali dilupakan oleh para backpacker. Padahal membawa perlengkapan P3K sangat penting sekali karena kamu nggak tau pasti kejadian apa yang akan menimpamu seperti terjatuh, terpeleset, terkena duri, dll. Nggak perlu terlalu banyak, cukup bawa yang penting saja seperti obat pribadi, obat luka, plester, kapas, alkohol, lotion nyamuk, atau mungkin balsem.

10.Perhatikan Kondisi Cuaca

Sebenarnya memperhatikan kondisi cuaca saat bepergian bukan cuman tugas backpacker tapi juga para traveler lainnya. Akan lebih baik jika kamu melakukan jalan-jalan bukan di saat musim hujan.

Akan sangat merepotkan jika hujan turun deras secara terus menerus apalagi kalau disertai angin besar. Perjalanan kamu bisa terganggu karena harus bolak-balik berteduh dan singgah di berbagai tempat. Kamu juga nggak bisa menikmati keindahan pemandangan ataupun fasilitas di tempat tujuan wisata.

Itulah beberapa tips bagi kamu yang ingin memulai jadi backpacker pemula. Nggak terlalu susah kok untuk bisa jalan-jalan dengan budget sedikit. Walaupun agak sedikit melelahkan dan merepotkan karena harus mengurus semuanya sendiri, menjadi backpacker akan memberikan sensasi petualangan seru yang bikin kamu ketagihan!

Penikmat Kopi Susu dan pisang goreng. Hobinya Jalan-Jalan dan cari sensasi.Suka menggalau juga, gara gara mikirin kamu. Iya, kamu...