Takut Hiking? Jangan, Kamu Akan Kelewatan Hal Penting Berikut Ini

0
55

Apa itu Hiking Dan apa manfaatnya?

Hiking atau mendaki gunung mungkin masih terdengar horor di telinga Kamu. Bayangkan berjalan kaki di medan yang menanjak dengan permukaan tanah yang tidak rata, curam, bahkan tidak jarang kejadian-kejadian berbahaya yang menimpa para pendaki Kamu dengar di berita.

Eits tunggu dulu.

Semua hal pasti ada resikonya, termasuk hiking,

tapi bukan berarti Kamu harus anti sama aktivitas outdoor ini yang nyatanya banyak yang mecintainya dan menyebutnya sebagai aktivitas yang bisa menggugah jiwa.

Olahraga hiking sebenarnya sudah lama populer apalagi Indonesia punya banyak gunung yang bisa didaki baik oleh pemula maupun oleh yang sudah berpengalaman tapi kepopulerannya seakan mendapat booster setelah film 5 cm tayang.

Apakah Kamu sudah menonton filmnya?

Masih ragu diajak hiking untuk mengisi waktu libur akhir pekan ini?

Ini nih yang akan Kamu dapatkan dan rasakan kalau pergi mendaki gunung lewati lembah, maksudnya hiking.

1. Apa itu Hiking? Hiking itu sehat!

Kamu punya masalah dengan berat badan?

Jangan ragu untuk hiking. Kamu bisa mulai di trek yang gampang untuk pemula, atau naik ke gunung tapi tidak usah sampai puncak, cukup sampai ke pos 1 atau pos2 kemudian balik turun baru untuk selanjutnya bisa ditambah lagi porsinya baru Kamu bisa sampai ke puncak.

Apa itu Hiking Dan apa manfaatnya? Ilustrasi Kelebihan Berat Badan
Ilustrasi Kelebihan Berat Badan (Foto: Mikhail Kokhanchikov / 123rf.com)

Naik gunung adalah aktivitas outdoor yang sangat menyehatkan di mana Kamu bisa melatih jantung untuk berdetak lebih kuat, melatih ketahanan fisik untuk menaklukkan medan yang berat plus menggendon barang bawaan yang berat.

Kamu juga bisa menghirup udara yang lebih segar bebas polusi, beda dengan jogging biasa keliling kompleks yang masih pagi tapi sudah penuh dengan asap bakar sampah atau asap kendaraan.

Hiking adalah gaya hidup yang menyehatkan dan membuat pandangan mata pun jadi lebih segar.

2. Hiking itu murah!

Mendaki gunung adalah bentuk aktivitas fisik yang tidak membutuhkan banyak uang.

Apalagi di Indonesia rata tersebar bukit dan pegunungan yang bisa Kamu daki sehingga tidak harus bepergian terlalu jauh untuk hiking.

Gear untuk hiking pun tidak harus beli, Kamu bisa sewa dengan harga yang murah, atau pinjam punya teman yang sedang tidak dipakai.

Gear yang dibutuhkan untuk naik gunung yang paling dasar adalah alas kaki yang pas bisa sepatu boots bisa juga sandal gunung, kemudian backpack, pakaian cadangan dan jaket, dan juga botol minum.

Biaya masuk untuk naik keĀ  gunung pun murah-murah jadi Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk bisa mendapatkan pengalaman liburan yang seru, lebih dekat dengan alam, dan dapat pengalaman yang mengubah cara pandang Kamu terhadap dunia.

3. Manfaat Hiking: Menemukan Banyak Hal Baru

Alam adalah dunia yang misterius, bahkan pendaki yang sudah berpengalaman pun pasti akan selalu menemukan hal baru dalam setiap pendakiannya.

Kamu bisa menemukan ada banyak hal yang tidak Kamu lihat hanya dengan melototi media sosial misalnya berbagai macam hewan liar penghuni hutan, sumber mata air yang jernihnya luar biasa sampai airnya bisa diminum langsung.

Apa itu Hiking Dan apa manfaatnya? Ilustrasi Keajaiban Alam
Ilustrasi Keajaiban Alam (Foto: Boris Smokrovic / Unsplash)

Pemandangan menakjubkan selama pendakian atau saat Kamu sudah sampai puncak di mana Kamu akan merasa kecil dan besar secara bersamaan karena makin dekat dengan langit.

Sampai kejadian-kejadian misterius yang terjadi atau yang pernah terjadi pada para pendaki dan membuat pengalaman mendaki Kamu jadi lebih membekas di benak. Selalu menyenangkan untuk melihat dan menemukan hal baru yang bisa berpengaruh terhadap kepribadian Kamu nantinya, ke arah yang lebih positif pastinya.

(Bersambung ke Halaman 2)

Penikmat Kopi Susu dan pisang goreng. Hobinya Jalan-Jalan dan cari sensasi.Suka menggalau juga, gara gara mikirin kamu. Iya, kamu...