6 Persiapan Penting buat Kamu yang Mau Hiking saat Musim Hujan

0
87

Hiking saat musim hujan mungkin terdengar seru sekaligus menantang buat kalian. Hasrat bertualang yang besar akan semakin mendorong para pendaki buat menjajalnya. Namun, jangan sampai kamu lupa melakukan persiapan—apalagi kalau ini jadi pengalaman perdana mendaki saat curah hujan sedang cukup tinggi. Alih-alih mendapat petualangan seru, petualangan di alam bebas tadi malah mengundang hal-hal buruk yang tidak kamu inginkan.

Sebagai bentuk antisipasi, persiapan sejak jauh-jauh hari harus kamu laksanakan. Sejumlah tip yang bisa membantumu untuk hiking dapat disimak di bawah ini.

  1. Mempertimbangkan lokasi pendakian

Tidak semua tujuan hiking aman dijejalahi selama musim penghujan. Jangan sampai kamu nekat pergi ke gunung rawan longsor atau banjir hanya karena terpicu ambisi. Cari informasi lokasi pendakian yang relatif aman dengan rute yang bersahabat meski sedang hujan.

  1. Pastikan semua alat hiking sudah siap

Pemeriksaan sekali saja tidak cukup. Jika bisa, buatlah daftar ceklis alat-alat yang kamu butuhkan untuk pendakian tersebut. Pastikan tidak ada tenda atau sleeping bag bocor, tali patah, maupun pakaian yang kurang nyaman terbawa, karena hal ini akan mempengaruhi keamanan dan keselamatanmu.

  1. Memantau perkiraan cuaca dan kondisi

Cuaca yang semakin ekstrem dan sulit diprediksi mungkin akan menyulitkanmu dalam memperkirakan tanggal pendakian. Meski begitu, kamu harus tetap memantau perkiraan cuaca maupun kondisi terbaru di lokasi pendakian supaya hiking saat musim hujan dapat berlangsung sesuai rencana.

  1. Mengenakan sepatu atau sandal antislip

Jalur atau rute pendakian akan semakin licin sepanjang musim penghujan. Supaya kamu tidak mudah tergelincir, gunakan sepatu atau sandal antislip berkualitas bagus. Jika memungkinkan, bawa satu atau dua alas kaki cadangan untuk berjaga-jaga.

  1. Membawa peralatan hiking tahan air

Menjaga tubuhmu tetap kering merupakan salah satu hal penting saat mendaki. Jadi, pastikan juga kamu membawa peralatan mendaki tahan air atau waterproof. Jas hujan waterproof dan coverbag yang dipakai buat memproteksi ransel adalah salah dua item yang tidak boleh dilewatkan.

  1. Berbasah ria saat hiking boleh saja, asal…

Tidak ada yang salah dengan basah-basahan saat mendaki. Hanya saja, kamu tetap harus hati-hati agar tidak terpeleset atau jatuh. Tetap kenakan jas hujan dan alas kaki antislip untuk menjamin pendakian dan keselamatanmu sampai ke puncak gunung.

Karena tergolong ekstrem, mendaki di tengah guyuran hujan sebaiknya dilakukan secara berkelompok. Akan lebih baik kalau kamu dan teman-teman berangkat bersama pemandu yang sudah kenal rute atau jalur pegunungan tersebut. Kemudian, pilihlah jalur trekking yang mudah dilalui buat mengurangi risiko pendakian. Jangan paksakan dirimu juga kalau seandainya perjalanan hiking saat musim hujan tersebut terlalu riskan buat dilaksanakan.

Penikmat Kopi Susu dan pisang goreng. Hobinya Jalan-Jalan dan cari sensasi.Suka menggalau juga, gara gara mikirin kamu. Iya, kamu...