Ngaku Penikmat Kuliner Indonesia? Tantang Dirimu Makan 5 Santapan Nyeleneh Ini!

0
89

Belum sah jadi penikmat kuliner Indonesia sejati kalau kamu absen mencicipi makanan nyeleneh-nya. Indonesia memang sudah lama dikenal sebagai surga santapan enak, bahkan rendang diakui sebagai salah satu hidangan terlezat di dunia. Namun, selain makanan-makanan tradisional, ada santapan tak lazim yang mungkin bakal membuatmu enggan mencobanya.

Penasaran? Atau malah tertantang buat mencoba? Di bawah ini ada berbagai makanan nyeleneh nan ekstrem asli Nusantara yang harus masuk ke daftarmu.

  1. Ulat sagu

Membayangkan ulat saja sudah geli, bagaimana memakannya? Akan tetapi, bagi warga Papua, hewan ini justru dijadikan hidangan dan sudah menjadi bagian dari adat-istiadatnya. Adalah ulat sagu, kuliner ekstrem khas Papua yang terbuat dari ulat-ulat dari pohon sagu yang diolah dengan cara dibakar. Lantas ada juga yang mengongsumsinya mentah-mentah sebagai jamu dan obat kuat.

  1. Belalang goreng

Dibandingkan ulat sagu, belalang goreng mungkin terdengar lebih mendingan. Namun, seperti halnya ulat, belalang bukan hewan yang lazim buat disantap. Akan tetapi bagi warga Gunung Kidul, serangga ini justru punya cita rasa lezat setelah digoreng. Berbeda dengan belalang goreng di Thailand, belalang goreng asal Gunung Kidul disajikan dalam berbagai rasa seperti orisinal, manis, hingga pedas.

  1. Paniki santan

Di Manado, kalong atau kelelawar tidak dianggap sebagai hama, melainkan bahan baku untuk membuat hidangan bernama paniki santan. Penikmat kuliner Indonesia yang belum pernah mencicipinya mungkin sungkan saat melihat hidangan bersantan tersebut. Namun, orang Manado senang mengolahnya dengan rasa pedas yang berfungsi menyamarkan bau amis dari kelelawar.

  1. Satai ulat bulu

Selain di Papua, ulat juga disantap warga di Purworejo. Bedanya, ulat bulu yang dipilih harus dari famili Lyman tridae atau ulat pohon turi. Cara penyajiannya pun unik, karena dibuat seperti satai ayam maupun kambing. Adapula yang mengolahnya dengan cara digoreng. Banyak orang yang percaya kalau ulat bulu dari pohon turi mampu menyembuhkan sakit gigi. Kamu berani coba?

  1. Satai biawak

Masih dari pulau Jawa, ada satai biawak yang tak kalah nyeleneh. Binatang melata tersebut dikonsumsi karena warga percaya dagingnya merupakan obat untuk menyembuhkan gatal pada kulit. Untuk metode pengolahan, daging biawak pun dibuat menjadi satai. Selain itu, minyak dari daging hewan tadi sudah lama dimanfaatkan sebagai obat dalam kemasan botol.

Kamu mungkin bakal berminat buat mencicipi hidangan-hidangan aneh di atas. Akan tetapi, kamu perlu memastikan apakah ada efek samping yang menyertainya? Terutama dari hewan seperti kelelawar yang sudah lama dianggap mengganggu atau biawak yang terbilang liar. Jika kurang yakin, jangan paksakan diri. Pantau saja pengalaman penikmat kuliner Indonesia yang sudah mencoba makanan-makanan aneh tersebut.

Penikmat Kopi Susu dan pisang goreng. Hobinya Jalan-Jalan dan cari sensasi.Suka menggalau juga, gara gara mikirin kamu. Iya, kamu...