Sebelum Menjajal Scuba Diving, Praktikan 7 Tip Dalam Latihan Teknik Pernapasan Ini!

0
58

Seperti olahraga air lainnya, scuba diving sangat mementingkan latihan teknik pernapasan. Meski nanti kamu menggunakan alat pernapasan, teknik tersebut tetap dibutuhkan untuk menjamin keamanan serta kenyamanan selama berada di bawah permukaan air. Jadi, kalau ini pengalaman pertamamu ikut scuba diving, pastikan kamu jangan absen latihan bersama instruktur profesional.

Selain praktik rutin dan tekun, berikut ini ada tip yang dapat mengelola udara saat kamu menyelam.

1. Jaga kehangatan tubuhmu

Panas tubuh bakal berkurang drastis saat kamu berada di air karena adanya perpindahan kalori. Tubuh pun akan membakar lebih banyak oksigen. Supaya kamu tidak cepat kedinginan, kenakan pakaian selam yang sudah memenuhi standar (wetsuit, dry suit, skinsuit). Pastikan juga pakaian itu nyaman buatmu.

2. Gerakan tubuhmu pelan-pelan

Caramu bergerak di air ikut mempengaruhi temperatur tubuhmu pula. Usahakan kamu tidak bergerak cepat atau tersentak, karena hal tersebut malah akan menguras banyak tenaga. Pastikan kamu bergerak perlahan dan jangan panik. Dengan begitu, kamu tidak kesulitan saat mengatur napas.

3. Minimilasi pemakaian tangan

Bayangkan dirimu sebagai Tyrannosaurus rex yang berlengan kecil, tetapi berkaki besar selama latihan scuba diving. Langkah ini akan mengurangi tendensimu memakai tangan yang membutuhkan energi dan udara lebih banyak saat berada di dalam air.

4. Mengelola distribusi pemberat

Tip latihan teknik pernapasan berikutnya yang bisa kamu praktikan adalah mengelola distribusi pemberat. Jika tidak dilakukan dengan baik, hal ini malah akan menciptakan hambatan atau drag yang membuang banyak udara. Jangan ragu buat mencoba sejumlah komposisi sampai menemukan yang tepat untukmu.

5. Memakai waktu sebagai panduan

Dalam teknik pernapasan, waktu menjadi acuan yang bakal menentukan keberhasilan dan ketenangan. Supaya scuba diving-mu berjalan lancar, tariklah napas selama lima sampai tujuk detik, lantas embuskan selama enam sampai delapan detik. Jika dipraktikan dengan baik, kamu tak akan menghitungnya lagi.

6. Usahakan buat membalik jeda

Ketika kamu berada di air, lakukan penghentian siklus inhalasi di puncak alih-alih di bawah. Tindakan ini akan memberi kesempatan pada tubuhmu buat mengekstrak sedikit banyak oksigen dari udara yang ada di dalm paru-paru. Kamu dapat mempraktikannya di kolam renang.

7. Jangan lupa buat membatasi aliran

Tip terakhir yang dapat kamu praktikan dalam teknik pernapasan adalah membatasi aliran. Caranya ialah dengan menahan lidahmu terhadap langit-langit mulut. Kemudian, bernapas di sekitar sisi lidah sebagai langkah pembatasan artifisial yang akan membuatmu bernapas lebih lambat.

Dengan praktik yang rajin dan berkala, tujuh langkah di atas bakal membuat pengalaman scuba diving-mu semakin menyenangkan. Namun, bukan berarti kamu jadi lupa latihan teknik pernapasan kalau sudah ahli. Pastikan terus berlatih!

Penikmat Kopi Susu dan pisang goreng. Hobinya Jalan-Jalan dan cari sensasi.Suka menggalau juga, gara gara mikirin kamu. Iya, kamu...