Humas BNPB: Embun Salju Kawasan Dataran Tinggi Dieng Normal Saat Kemarau

0
109

Daerah Dataran Tinggi Dieng, Sabtu (6/7) pagi, kembali diselimuti embun Salju. Meski fenomena ini bukan yang pertama kali terjadi, turunnya embun salju ini menarik perhatian warga yang berada di sekitar kawasan Dieng. Bahkan ada pula yang sengaja datang jauh-jauh karena penasaran dengan fenomena ini. Banyak dari mereka yang sengaja mengabadikan fenomena embun salju ini dan membaginya di media sosial.

Hal ini lumrah terjadi di musim kemarau seperti ini. Dari penjelasan Kepala Pusat Data dan Informasi merangkap Humas Badan Nasional Penangunggalan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, lewat akun Twitter nya mengatakan  “Embun salju menutup permukaan tanah dan lahan pertanian di Kawasan Pegunungan Dieng. Fenomena dinginnya cuaca saat ini adalah normal saat kemarau. Cuaca cerah di siang hari menyebabkan potensi terjadinya hujan menjadi minim. Angin dominan dari Australian bersifat kering,” kicau Sutopo.

Belakangan di media-media sosial bertebaran isu bahwa wilayah Indonesia mengalami penurunan suhu drastis akibat fenomena Aphelion, yakni saat orbit bumi berada di titik terjauh dari matahari. Informasi ini cukup meresahkan warga net. Sebab, dikatakan bahwa penurunan suhu jika tidak diantisipasi akan berdampak buruk. Bayi-bayi mesti berada dalam ruangan yang cukup hangat. Anak-anak harus berkaos kaki dan juga berselimut tebal.

Disebutkan dalam info yang beredar, bahwa karena berada di titik terjauh, kekuatan panas matahari berada di titik terendah sampai ke permukaan bumi. Kabar ini seakan-akan benar dengan penurunan suhu di beberapa kota di Indonesia, seperti Semarang dan Bandung.

Ditambah lagi, di Daerah dataran Tinggi Dieng atau Dieng, Banjarnegara, muncul fenomena embun salju atau masyarakat sekitar kerap menyebutnya embun upas yang cukup tebal dan meliputi kawasan yang luas. termasuk di Kompleks Candi Arjuna Dieng di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur hingga Bukit Sikunir tertutup embun es, Jumat pagi, 6 Juli 2018.

Penikmat Kopi Susu dan pisang goreng. Hobinya Jalan-Jalan dan cari sensasi.Suka menggalau juga, gara gara mikirin kamu. Iya, kamu...