Solo Travelling Untuk Pemula Kenapa Tidak? Berikut Tips Simpelnya.

0
62
(foto ilustrasi: pexels.com)

Sebagian orang beranggapan bahwa travelling sendiri itu seperti orang yang tidak ada kerjaan, atau seperti orang yang tidak punya teman dan pastinya lagi kebelet banget mau travelling. Padahal Sebenarnya Travelling sendiri saat ini bukan hal yang asing lagi bahkan lagi hitz dikalangan traveller, istilah kerenya sih “Solo Travelling”.

Untuk kegiatan solo travelling sebenernya ada plus dan minusnya juga sih. Namun itu tergantung dari sudut pandang masing-masing orang melihat hal ini.

Secara garis besar manfaat solo travelling yaitu kita bisa leluasa merencanakan dan melakukan Rencana Travelling kita apa apa saja yang ingin dilakukan tanpa perlu ada diskusi bersama teman terlebih dahulu.

Sementara kerugiannya ialah kita tidak bisa share cost selama perjalanan (bisa membuat biaya traveling kita membengkak), dan juga tidak ada teman ngobrol dekat selama perjalanan.

Untuk Solo Travelling Sendiri kalian harus lebih mempersiapkan diri. Dimulai dari mempersiapkan fisik, mental ,budget  serta membuat beberapa perencanaan matang saat travelling tentunya.

Adalah benar bahwa solo travelling akan membuatmu lebih mengenal dirimu sendiri, namun bukan berarti dia tidak memiliki resiko. Seperti isu keamanan, kesepian dan juga rasa tidak nyaman. Namun jangan khawatir! Dengan sedikit Persiapan, perjalananmu akan semakin menyenangkan.

Berikut adalah Tips solo travelling untuk pemula yang bisa kamu terapkan sebelum dan saat solo travelling.

Membuat Perencanaan Matang Sebelum Berangkat

(foto ilustrasi: pexels.com)

Disini kamu bisa menimbang-nimbang persiapan yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Buatlah Rencana perjalanan saat berkunjung ke suatu daerah, Membuat list tempat-tempat menarik mana saja yang ingin kamu datangi adalah langkah yang bijak.

Kamu juga mesti mempersiapkan budget khusus untuk transport mulai dari tiket pesawat, kereta, hingga tempat kamu menginap.

Siapkan juga hal-hal kecil namun penting yang bakal kamu butuhkan misalnya seperti Pulsa atau paket data untuk sekedar update di sosial media atau juga mengabari orang tua dirumah. Pastikan pulsa dan paket data cukup selama perjalanan.

Lakukan riset tentang pakaian dan adat istiadat yang biasa dilakukan orang-orang setempat. hindari pakaian yang terlihat mencolok dan tampak mahal dan juga hormati adat atau kebiasaat setempat.

Simak juga berita tentang daerah atau negara yang bakal kamu kunjungi. kan tidak lucu kalau kamu berkunjung ke daerah yang sedang mengalami konflik atau cuaca ekstrim.

Jadi Membuat perencanaan matang merupakan hal yang sangat vital untuk seorang solo traveller. Sebab jangan sampai kamu kehabisan uang di tengah perjalanan dan bingung selama perjalanan hanya saja perencanaan mu kurang matang lebih sial lagi saat pulsa dan paket data tidak cukup untuk menghubungi sanak saudara. Itu bakal menjadi liburan terburuk yang bakal kamu kenang seumur hidup.

Kirim foto identitas dan dokumen pentingmu

Hal ini juga penting dilakukan terutama saat solo travelling ke luar negeri. Kamu mesti mengirim salinan/copian dokumen-dokumen penting seperti paspor, KTP, SIM, dan kartu asuransi ke akun email kamu sendiri dan juga seorang anggota keluarga atau teman yang bisa kamu percaya. Akan berguna jika dompet, tas, ponsel atau pasportmu hilang, foto-foto yang kamu salin sebelumnya akan sangat membantu.

Beri tahu jadwal berkunjungmu, kota tujuan, dan tempatmu menginap

Beritahu hal-hal tersebut kepada keluarga atau teman dekatmu agar mereka tidak khawatir. Dan yang terpenting HP selalu on yah guys, agar mereka bisa menghubungi kapanpun mereka mau.

Persiapkan Fisik

Berangkat dengan keadaan fisik yang prima adalah hal yang perlu saat melakukan solo travelling.

Karena kamu akan melakukan perjalanan sendirian, tidak lucu kalau sampai sakit di perjalanan karena kurang di persiapan fisik. Membawa vitamin juga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh selama perjalanan.

Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif selama perjalanan jua sangat perlu dilakukan. Banyak orang yang ingin melakukan solo travelling tapi selalu banyak alasan dan berpikiran negatif.

Seperti bagaimana kalau diperjalanan aku dihipnotis orang. Bagaimana kalau dijalan aku ditodong orang jahat, ditusuk lalu mayatnya dibuang dan tidak ditemukan lagi. Dan masih banyak lagi kata-kata “bagaimana kalau” lainnya yang semuanya berakhir dengan pikiran negatif.

Orang seperti ini sebaiknya tidak melakukan solo travelling karena belum juga travelling sikapnya sudah tidak baik dan kalaupun tetap pergi lalu kemudian menemukan masalah akan gampang panik.

yang perlu kamu tanamkan adalah orang baik dan jahat ada dimanapun kamu berada, bukan hanya di tempat yang akan kamu tuju. Menjaga tuturkata dalam berucap menjaga prilaku dan menghargai tradisi setempat akan menghindarkanmu dari masalah.

Buatku sendiri pendapat “Bagaimana kalau begini, Bagaimana kalau begitu” ini akan kuganti dengan pemikiran yang positif misalnya bagaimana kalauaku mendapatkan teman baru yang ramah dan mengasyikkan, bagaimana kalau aku ketemu dan kenalan sama cewe cantik dan sebagainya.

(foto ilustrasi: pexels.com)

Kalau kamu berpikir positif selama perjalanan maka yang terjadi adalah hal hal positif juga, So stay positif thingking yah guys…

Tips Tambahan Saat Di Perjalanan

berikut beberapa tips sederhana yang patut kamu lakukan saat diperjalanan atau di tempat baru.

  • Berjalanlah dengan penuh keyakinan seperti Anda memiliki tujuan dan Anda tahu apa yang sedang dilakukan meskipun disaat anda sedang bingung atau tersesat. Hal ini penting agar kamu tidak menjadi incaran/target orang orang yang ingin berniat jahat.
  • Sebelum menaiki kendaraan umum, kosongkan kantung belakang celana kamu, tutup resleting tas dengan rapat, dan ingat untuk tetap waspada dengan keadaan sekitar. alasanya sama seperti diatas.
  • Perkenalkan dirimu ke supir bus dan beri tahu tujuanmu. Kalau beruntung, si supir dapat memanggil namamu ketika bus sampai di tujuan.
  • Hindari pemakaian earphones yang akan membuatmu kurang peka dan lebih rentan saat dijalan.
  • Jangan beritahu orang asing kalau kamu di kota tersebut sendirian. Tidak ada salahnya berbohong sedikit saat menanyakan arah seperti misalnya: “Permisi, boleh tolong arahkan saya ke museum? Saya harus bertemu teman di sana.”
  • Cek peta, jalur dan jadwal bus sebelum kamu keluar ke jalan raya. Jika lupa, masuklah ke sebuah toko atau restoran yang penting jangan lakukan di jalan di mana banyak orang bisa melihat bahwa Anda seorang solo traveller.
  • Percaya pada instingmu. Jika seseorang menghampirimu dan Kamu merasa kurang nyaman, tinggalkan saja dan jangan hiraukan dia.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu lakukan saat bepergian sendiri tau istilah gaulnya solo travelling.

Bagi sebagian orang yang belum pernah melakukan perjalanan sendiri, solo travelling terkesan menjadi hal yang super canggung . Seperti saat mereka harus berkeliling di tempat baru dengan menanggung semua resiko sendirian. Saat mereka harus mengambil keputusan tanpa pertimbangan dari orang lain. Dan waktu mereka harus berinteraksi dengan orang asing tanpa ada satupun orang di sampingmu. Namun, solo travelling yang penuh dengan tantangan akan membantumu mengenal diri sendiri. Seberapa survive dirimu, seberapa hebat kemampuanmu berinteraksi dan seberapa kuat instingmu pada dunia yang sesungguhnya.

Setelah kamu berhasil melewati misi solo travelling pertamamu, sudah pasti kamu akan merasa menjadi seseorang yang lebih baik dan juga merasa bangga. Selamat! kamu telah mampu melewati batas rasa takutmu. Kamu sudah lebih mengenal dirimu sendiri. Oh ya, jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment mu. Siapa tahu kamu bakal kembali lagi kelak suatu waktu nanti bersama pasangan… 🙂

Penikmat Kopi Susu dan pisang goreng. Hobinya Jalan-Jalan dan cari sensasi.Suka menggalau juga, gara gara mikirin kamu. Iya, kamu...