8 Cara Seru Menyantap Buah Durian Buat Kamu Si Pencinta Durian

0
61
Ilustrasi Buah Durian

Durian kita ketahui sebagai buah nyentrik dengan aroma khasnya yang tajam. Bagi mereka yang tidak biasa memakannya akan menganggap durian buah yang menjijikan.

Namun tidak semua orang menganggapnya seperti itu.

Di kalangan penikmatnya, aroma menusuk durian justru menjadi ‘sumber’ kenikmatan tersendiri. Apalagi ditambah dengan rasa lembutan daging buah durian.

Menikmati buah durian pun tak sebatas memakan daging buah secara langsung.

Ada banyak cara seru untuk menyantap durian. Dijamin bikin pencinta durian tidak akan bosan menyantap buah ini! Kamu bisa mengolahnya jadi Jus hingga dipanggang. Berikut rekomendasi olahan durianya:

1. Kopi Durian

Ilustrasi kopi durian/Shutterstock

Kalau Kamu suka durian dan juga kopi bisa coba menikmati kopi durian. Paduan dua rasa ini jadi favorit di negerei Jiran. Kalau mau bikin sendiri juga mudah kok. Cukup siapkan kopi hitam dan juga daging buah durian sebagai bahan utamanya. Kemudian haluskan daging buah durian dan kopi hitam bersama-sama. Tak butuh tambahan susu lagi karena tekstur creamy durian bisa menghadirkan rasa seperti susu di secangkir kopi.

2. Lempok Durian

Lempok Durian (gambar dari sini)

Lempok Durian ini biasa dijumpai di Pontianak, Kal-Bar. Bentuknya mirip seperti dodol namun kaya akan rasa duriannya karena memang pada campuran adonannya buah duriannya lebih mendominasi. Tekstur Lembut dan rasa manisnya membuatnya banyak orang yang memburu Lempok Durian untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Jus Durian

Jus Durian (Gambar dari sini)

Malas makan daging buah durian langsung dengan tangan? Kamu bisa menikmatinya dengan cara ‘meminum’ durian. Buat olahan jus durian dengan mencampurkan sekitar 65 gram buah durian dan 100 ml susu segar. Minuman ini jadi andalan di Vietnam hingga Thailand sebab teksturnya yang lembut mirip seperti custard.

4. Es Krim Durian

Es krim Durian (Gambar dari sini)

Tak hanya Jus, durian juga enak dibekukan dan dinikmati seperti es krim. Cara ini juga membuat aroma durian tak terlalu menyengat. Selain itu, kelembaban durian menjadi berkurang sehingga rasa manisnya justru semakin bertambah. Cara ini baik bagi pencinta durian yang ingin sensasi berbeda dalam waktu yang cepat.

5. Sup Buah Durian

Sup Durian (Gambar dari sini)

Jika sup buah durian di Indonesia identik dengan durian campur susu dan es, Kamu juga bisa mengolah durian menjadi sup gurih. Rasa manis sedikit gurih dari durian justru membuat sup jadi semakin enak.

6. Durian Panggang

Durian Panggang (Gambar dari sini)

Satu lagi cara yang asyik dan unik buat makan durian yaitu dengan cara di panggang. caranya cukup mudah hanya dengan memanggang durian sebentar sebelum menikmatinya. Dengan begitu, tekstur durian menjadi sedikit renyah di luar dan lembut pada bagian dalamnya. Kelembutannya kian bertambah sedap kala dinikmati saat panas. Apalagi ada tekstur creamy yang membuat durian panggang lebih enak. Olahan ini cukup terkenal di kalangan pencinta durian.

7. Nasi Ketan Durian

Ketan Durian (Gambar dari sini)

Ketan durian merupakan makanan olahan durian yang sudah ada sejak dulu kala. Tak diketahui secara pasti dari daerah mana dan siapa pencipta makanan ini, namun makanan ini sering ditemui di rumah-rumah orang Sumatera. Yang pastinya makanan ini masih menjadi favorit sampai saat ini. Hidangan ini Terdiri dari ketan yang disiram kuah santan beraroma durian, vla durian dan durian utuh.

8. Pizza Durian

Pizza Durian (Gambar dari sini)

Diantara semua olahan durian yang ada, mungkin pizza durian masih terasa asing dan aneh di telinga kamu. Tetapi pizza durian ini memang benar ada loh. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan dan juga Bandung, pizza durian kini sudah mulai dipopulerkan. Daging durian fresh dipadu dengan susu kental manis dibalutkan diatas adonan pizza lalu kemudian ditambah sedikit keju mozarela. kalau kamu pencinta durian sejati, wajib hukumnya kamu mencoba olahan durian ini.

Penikmat Kopi Susu dan pisang goreng. Hobinya Jalan-Jalan dan cari sensasi.Suka menggalau juga, gara gara mikirin kamu. Iya, kamu...