Mengenang Dasyatnya Bom Atom Yang Pernah Jatuh di Jepang, Bisa Kamu Lakukan Di 4 Spot Ini

0
12
Ilustrasi Bom Atom Jatuh (Foto:http://новости-мира.ru-an.info)

Berwisata ke Jepang memang menjadi dambaan banyak orang di Indonesia. Namun saat berwisata ke Jepang kebanyakan dari mereka yang berwisata hanya mengejar tempat instagramable ataupun kulinernya saja. Ada baiknya saat berkunjung kesana sempatkan sedikit waktu untuk berwisata edukasi juga yah, Selaih kamu bisa refreshing pengetahuanmu juga bisa bertambah. Berikut adalah 4 tempat yang bisa kamu datangi untuk mengetahui/mengenang dasyatnya Bom Atom yang pernah dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki:

Hiroshima Genbaku Dome

satu-satunya bangunan yang tersisa dan masih berdiri di Kota Hiroshima (Foto: Gaijinpot)

Bangunan ini dikenal sebagai Monumen Perdamaian Hiroshima, pada masa sebelum perang digunakan sebagai tempat pameran. Setelah bom atom jatuh di tempat ini pada 6 Agustus 1945 lalu, satu-satunya bangunan yang tersisa dan masih berdiri di Kota Hiroshima hanyalah tempat ini. Sejak saat itu, bangunan ini dinamai Monumen Perdamaian Hiroshima atau “Hiroshima Genbaku Dome”. Ditahun 1996, UNESCO menetapkan bangungan ini sebagai salah satu warisan dunia yang dibuat untuk mengingatkan kita pada pentingnya perdamaian.

Alamat: 1-10 Otemachi, Naka Ward, Hiroshima, Hiroshima Prefecture 730-0051, Japan
Jam buka: Kamu bisa mendatangi tempat ini kapan saja

Hiroshima Peace Memorial Museum

Hiroshima Peace Memorial Museum (Foto: hiroshima-navi)

Di Hiroshima Peace Memorial Museum kamu bisa melihat kondisi kota Hiroshima sebelum dan sesudah dijatuhi bom atom, kronologi jatuhnya bom atom disana, dan berkas-berkas mengenai bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh bom atom terhadap kehidupan penduduk Hiroshima. Dengan mengunjungi tempat ini siapapun pasti dapat merasakan harapan agar perdamaian dunia dapat tercipta dan tidak terjadi lagi ledakan bom atom selanjutnya.

Alamat : 1-2 Nakajimacho, Naka Ward, Hiroshima, Hiroshima Prefecture 730-0811, Japan
Jam Buka: Buka setiap hari dari jam 8:30 pagi – 6:00 Sore

Nagasaki Atomic Bomb Museum

Merupakan museum yang dibangun untuk memperingati peristiwa jatuhnya bom atom di Nagasaki yang terjadi pada 9 Agustus 1945 lalu. Kegunaan dan isi dari museum ini mirip dengan Museum Perdamaian Hiroshima atau Hiroshima Peace Memorial Museum di Kota Hiroshima.

Nagasaki Atomic Bomb Museum (Foto: visit-nagasaki)

Bangunan museum yang ada saat ini merupakan bangunan yang selesai di tahun 1996, menggantikan bangunan lama tempat barang-barang memorial terkait bom atom disimpan sebelumnya. Tak jauh dari kompleks museum ini, kamu juga bisa melihat Taman Perdamaian yang merupakan titik pusat ledakan bom atom.

Setiap tahunnya, terdapat ratusan ribu wisatawan dari seluruh dunia mengunjungi kompleks museum dan taman perdamaian Nagasaki ini.

Alamat: 7番8号 Hiranomachi, Nagasaki, Nagasaki Prefecture 852-8117, Japan
Jam buka: Setiap hari dari jam 8:30 Pagi–5:30 Sore

Nagasaki Peace Park

Disebut juga Taman Perdamaian Nagasaki ialah taman memorial dibangun untuk mengenang korban meninggal pada peristiwa jatuhnya bom atom di Nagasaki. Taman ini dibuka untuk umum khususnya bagi para wisatawan yang mau melihat sisa-sisa bom atom di Nagasaki.

Patung di Nagasaki Peace Park (Foto: japan-guide)

Ikon taman perdamaian ini adalah patung setinggi 9,7 meter berwarna biru dengan tangan kiri menghadap ke samping dan tangan kanan menghadap ke atas. Patung ini kurang lebih untuk mengingatkan warga dunia agar selalu menjaga perdamaian.

Tangan kiri yang menghadap ke samping bermakna menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. Sedangkan Tangan kanan yang menghadap ke atas berarti menjaga hubungan manusia dengan Tuhan.

Selain itu juga, di bagian tengah taman terdapat tugu batu dari keramik berwarna hitam yang menjadi tanda pusat ledakan bom. Di tugu tersebut dituliskan pula nama-nama korban bom Nagasaki yang meninggal pada tahun 1945.

Penikmat Kopi Susu dan pisang goreng. Hobinya Jalan-Jalan dan cari sensasi.Suka menggalau juga, gara gara mikirin kamu. Iya, kamu...